Monday, April 6, 2015

Caplan Selamat Paskah

Ucapan selamat paskah.
Brazil/portugis feliz pascoa.
Perancis Joyeuses Pâques.
Spanyol feliz Pascua.
Belanda Fijne Paasdagen.
Greek (bahasa akademik millenium satu) Kalό Pάscha.
Italia felice Pasqua.
Latin felix Pascha.

Hanya inggris, jerman, yahudi yang menggunakan istilah easter. (Bahasa lain tidak diperiksa).
Kaum Yahudi pada tanggal yg sama merayakan passover (paskah), yaitu hari setelah cobaan ke sepuluh pada Firaun kaum Yahudi yang diperbudak diperbolehkan meninggalkan Mesir. Pada hari itu rumah kaum yahudi diberi tanda berupa darah domba di kusen pintu, agar rumah tersebut dilewati (passover) dan selamat dari cobaan yang diturunkan.
Perayaan berlangsung 7hari hingga hari mencapai tepi laut merah, mukjizat membelah laut dan menenggelamkan kereta pengejar tentara Firaun.
Diriwayatkan injil Yohanes, penyaliban Yesus terjadi pada hari pertama perayaan paskah Yahudi tersebut.
Penggunaan istilah easter memperjelas event mana yang dimaksudkan.
Istilah easter sendiri dekat dengan budaya pagan dari wilayah germanic (gothic), perayaan dewi fertility eoster/ostara, kelinci dan telur perlambang kesuburan, berlangsung awal musim semi (spring equinox) tiap bulan Ôstarmânoth yang equivalen dengan bulan April.
Penyebaran pagan germanic ke area yang disebut sub-roman Britain, dimulai sekitar abad ke-5 hingga mencapai puncaknya menjelang masuknya pengikut kritus akhir abad ke-6. Pada abad ke-7 wilayah itu sudah beralih (fully converted).
Pada era itu, belum ada kerajaan besar, dan kaum dari wilayah saxony germanic menyeberang dan membentuk kebudayaan yang berinteraksi dengan kaum Angles (Inggris) yang kelak kemudian disebut Anglo-saxon. Tidak banyak catatan tertinggal dari budaya pagan anglo-saxon dan cerita yang sangat populer digubah dengan memasukkan sejarah dan ajaran kristus.
//quote:
As elsewhere, Christianization involved the co-opting of original folk culture into a Christian context, including the conversion of pagan sacred sites and feast days into Christian ones. Pope Gregory the Great instructed Abbot Mellitus that:
I have come to the conclusion that the temples of the idols in England should not on any account be destroyed. Augustine must smash the idols, but the temples themselves should be sprinkled with holy water, and altars set up in them in which relics are to be enclosed. For we ought to take advantage of well-built temples by purifying them from devil-worship and dedicating them to the service of the true God.[6]
//
http://en.wikipedia.org/wiki/Anglo-Saxon_paganism#History



Equinox = equal nox(night):
Hari dimana siang dan malam panjangnya sama (equal).
Siang dihitung dari matahari terbit (matahari terlihat, bukan sinar matahari terlihat); hingga matahari terbenam (matahari tidak terlihat).
**sama panjang adanya sinar matahari dan tanpa sinar matahari disebut equilux (lux=sinar). 
Vernal (ver=spring) jatuh pada sekitar 20 maret (Aries) kalender Gregorian.
Sedangkan autumnal equinox jatuh pada sekitar 22 September (Libra).
Peristiwa ini terjadi saat matahari titik tertinggi berada di khatulistiwa (equator), sehingga poros rotasi bumi tegak lurus, bumi belahan utara dan selatan mendapat sinar matahari yang sama, rotasi bumi tegak lurus menhasilkan siang dan malam sama panjang baik untuk belahan bumi utara maupun selatan.


Pada tahun 2015 paskah dirayakan pada hari minggu 5 April 2015.

No comments:

Post a Comment